Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan Basah

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan Basah

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan BasahManisan buah merupakan buah-buahan yang diawetkan dengan gula. Pemberian gula dibuat dengan kandungan yang sangat tinggi, selain untuk memberikan rasa manis tetapi juga bertujuan untuk menjadikan rasa manis tadi sebagai pengawet alamiah buat melawan tumbuhnya mikroorganisme yang menimbulkan buah menjadi cepat membusuk. Untuk pembuatan manisan buah ini kita juga bisa memanfaatkan air garam dan juga air kapur sebagai untuk mempertahankan wujud atau tekstur buah dan menyikirkan rasa gatal atau getir.

Resep Membuat Manisan Pepaya


Buah pepaya adalah salah satu kategori buah yang selalu dijadikan sebagai manisan karena cara pembuatannya yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan dirumah-rumah.

Resep Membuat Manisan Pepaya Basah


Bahan :

  1. 1 buah pepaya mengkal
  2. 800 gram - 1 kilogram gula
  3. Larutan garam (air 1 liter 4 sdm garam)
  4. Larutan kapur sirih (air 1 liter dan 3 sdt kapur sirih )
  5. Toples tertutup

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah


  1. Potong dadu buah pepaya, upayakan jangan sangat tebal. Rendam ke dalam larutan garam sampai layu, tiriskan.
  2. Rendam pepaya tadi ke dalam larutan kapur sirih semalaman. Tiriskan dan juga cuci sampai air cucian pepaya tadi bening.
  3. Masukkan 200 gr gula ke dalam pepaya, aduk rata, diamkan sepanjang 2 jam sampai keluar air. tiriskan dan juga sisihkan airnya. Tambahkan air gula sisa rendaman dengan 150 gr gula kemudian masak sampai mengental. Angkat kemudian dinginkan lalu tuang air gula ke pepaya. rendam semalaman di toples sampai keluar air. jalani langkah ini sebanyak 2 kali sampai gula habis. Tiriskan pepaya kemudian sajikan.

Resep Manisan Pepaya Kering

Bahan :

  1. 1 buah pepaya mengkal, kupas, potong - potong kecil, wujud bagi selera
  2. 2 sdm garam
  3. 750 gram gula pasir
  4. 250 ml air
  5. Larutan air kapur sirih (air 2 liter 1 sdm kapur sirih), endapkan

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering


  1. Beri garam dan juga remas - remas lembut pepaya sampai layu, mencuci dan juga tiriskan. Rendam ke dalam air larutan kapur sirih minimun sepanjang 2 jam. mencuci dan juga tiriskan.
  2. Taburkan 250 gram gula pasir ke pepaya, aduk rata sampai keluar airnya. perkenankan 1 jam supaya gula meresap.
  3. Rebus sisa gula dengan 250 air sampai mendidih. Matikan api, lalu masukkan pepaya kemudian rendam semalam.
  4. Tiriskan pepaya, rebus air gulanya sampai agak kental. Matikan api kompor lalu rendam berulang pepaya semalam. Tiriskan. jalani cara sekali lagi. Jemur pepaya yang telah diolah dibawah terik cahaya matahari sepanjang 2 hari.