Resep Cara Membuat Serundeng Daging Super Enak dan Gurih

Resep Cara Membuat Serundeng Daging Super Enak dan Gurih

Resep Cara Membuat Serundeng Daging Super Enak dan GurihUntuk memasak serundeng, biasanya untuk memasaknya membutuhkan lumayan banyak kesabaran untuk membuat masakan serundeng ini. Karena dalam pembuatannya memang dibutuhkan waktu yang lumayan cukup lama karena melewati tahapan-tahapan dalam proses pembuatannya. Tetapi hal ini terbalaskan oleh rasanya nanti jika serundeng yang akan dibuat ini sudah siap untuk disajikan yang sangat cocok dimakan dengan nasi.

Baikk, tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah resep beserta car pembuatan serundeng yang akan saya sajikan dengan lengkap dibawah ini :

Bahan Membuat Serundeng


  1. 350 gr daging sapi
  2. 1 liter air bersih
  3. 200 gr kelapa parut yang telah disangrai
  4. 4 lembar daun jeruk purut, pisahkan tulang dari daunnya kemudian iris tipis - tipis
  5. 2 buah batang serai, memarkan
  6. 2 centimeter jahe, dimemarkan
  7. 2 lembar daun salam, mencuci bersih
  8. Larutan asam jawa ( dari 1 sendok teh asam jawa 3 sendok makan air bersih)

Bumbu Serundeng yang Dihaluskan:


  1. 12 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 centimeter lengkuas
  4. 1 centimeter jahe
  5. 1/4 sendok teh jintan
  6. 1 sendok makan ketumbar
  7. 2 sendok makan gula merah
  8. 2 sendok teh garam dapur


Cara Membuat Serundeng Daging:


  1. Rebus daging sapi berbarengan dengan jahe dan daun salam dengan 1 liter air bersih. Sehabis mendidih dan dagingnya empuk dan sudah matang, angkat kemudian biarkan sejenak. Setelah dingin tidak panas lagi, potong daging sesuai dengan seratnya kemudian suwir - suwir tipis memanjang dan masukkan kedalam wadah.
  2. Masukkan bumbu halus kedalam wadah berisi suwiran daging. Masukkan serai, daun jeruk dan air asam jawa. Gabungkan dengan cara diremas - remas hingga seluruh tercampur menyeluruh. Setelah itu diamkan beberapa menit supaya bumbunya cepat menyerap.
  3. Siapkan penggorengan atau wajan dan masukkan suwiran daging sapi yang sudah diberi bumbu. Tuangkan air kaldu sapi ( dari air sisa rebusan daging diawal tadi). Setelah itu masak dengan menggunakan api yang kecil.
  4. Tambahkan parutan kelapa kedalam wajan. Aduk - aduk sampai merata hingga tercampur setelah itu masak terus hingga kering dan matang.
  5. Angkat dan serundeng daging pun siap untuk dinikmati.