Resep Cara Membuat Otak Otak Ikan Tenggiri Bakar

Resep Cara Membuat Otak Otak Ikan Tenggiri Bakar

Resep Cara Membuat Otak Otak Ikan Tenggiri BakarTahukah kamu jika Ikan Tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai daging dengan cita yang sangat tidak diragukan lagi kelezatannya. Ternyata ikan ini juga bisa di sulap menjadi macam-macam masakan yang lezat dan sehat salah satunya ada cemilan otak otak.

Pada dasarnya, cemilan otak otak ikan tenggiri adalah merupakan jenis masakan dengan bahan utamanya yaitu daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dan sudah diberi bumbu - bumbu lalu di goreng ataupun di kukus tetapi bisa juga di bakar / di panggang dalam balutan daun pisang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Namun, untuk saat ini kita akan fokus dalam pembuatan otak otak ikan tenggiri dengan cara yang termudah yaitu di bakar / di panggang saja ya. Karena, selain cara pemubuatannya yang gampang, namun rasanya yang dihasilkan tetap terasa nikmat karena kita akan memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus untuk otak otak ini.

Bahan Olahan Otak Otak Tenggiri:


  1. 250 gr daging ikan tenggiri, di haluskan
  2. 3 sendok makan tepung kanji /sagu
  3. 1 butir telur, ambil penggalan putihnya saja
  4. 1/2 sdt merica
  5. 200 cc santan kelapa kental
  6. 75 gr gula pasir
  7. 1 siung bawang merah, kupas kulitnya dan haluskan
  8. 2 siung bawang putih halus, kupas kulitnya dan jangan lupa dihaluskan
  9. 2 sdm irisan daun bawang
  10. garam secukupnya
  11. daun pisang untuk membungkus secukupnya

Cara Membuat Otak Otak Ikan Tenggiri Bakar :


  1. Siapkan wadah kemudian masukkan dan gabungkan seluruh olahan yang sudah disediakan tadi sampai tercampur menyeluruh (sempurna).
  2. Lalu, ambil sedikit adonan tadi sesuai dengan seukuran daun pisang, kemudian bungkus dengan daun pisang dan kunci rapat kedua ujungnya dengan lidi atau bisa pun dengan staples. Lakukan langkah ini hingga adonan otak otak ikan tenggirinya habis.
  3. Setelah itu siapkan bara api dari arang, dan panggang otak otaknya hingga matang.
  4. Namun, bila kamu tidak ada arang, kamu bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan wajan anti lengket (teflon). Dengan cara tinggal taruh diwajan (tanpa di kasih minyak) setelah itu tutup bagian atasnya. Jangan sampai lupa ya, pakai api yang kecil aja, supaya otak otak nya tidak gosong nantinya. 
  5. Jika sudah selesai, silahkan diangkat lalu letakkan sesuai dnegan tempat yang diinginkan.